Author Guide Line

PENYIAPAN NASKAH

Format Umum: Naskah diketik pada kertas berukuran A4 dengan margin 3 cm. Huruf yang digunakan adalah Arial dengan ukuran 12 pts. Naskah ditulis pada dokumen template artikel dengan aplikasi Microsoft Office Word (ekstensi .doc)

Bahasa: JSTFmenerima artikel dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Komponen dalam Naskah:

  • Judul: Ditulis bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; singkat dan jelas dan mencerminkan isi tulisan; masing-masing tidak lebih dari 18 kata
  • Nama Penulis: ditulis dengan nama lengkap tanpa disertai gelar; diikuti dengan afiliasi/institusi masing-masing; penulis utama harus dilengkapi dengan alamat korespondensi dan alamat surat elektronik (email).
  • Abstrak: ditulis bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; jumlah kata maksimal 200 kata; memuat tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan; dilengkapi dengan 4-6 kata kunci/keywords
  • Sistematika Naskah: Pendahuluan; Metode Penelitian; Hasil dan Diskusi; Kesimpulan; Ucapan Terima Kasih; Daftar Pustaka
  • Sitasi dan Daftar Pustaka: Rujukan kepustakaan di dalam naskah dibuat dengan sistem nomor yang diletakkan dalam tanda kurung siku [ ]. Daftar Pustaka dibuat dengan APA Style.

 

PENYERAHAN NASKAH 

Naskah yang sudah ditulis sesuai dengan Panduan Penulisan dapat diserahkan secara online melalui website http://-------------- dengan terlebih dahulu membuat akun penulis. Naskah dikirimkan dengan mengikuti panduan penyerahan artikel pada website

 

PROSES REVIEW

Naskah yang masuk akan diperiksa oleh Editor untuk dilakukan proses review terhadap bobot penelitian dan kesusuaian tata tulis. Naskah yang dianggap sesuai akan diteruskan ke proses peer-review. Satu artikel dapat direview oleh satu atau lebih reviewer yang berkompeten dengan topik penelitian pada naskah. Apabila diperlukan, naskah akan diberi catatan dan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi berdasarkan rekomendasi dari reviewer. Naskah yang sudah selesai direvisi dikirimkan kembali kepada Editor. Artikel yang sudah memenuhi catatan koreksi sebelumnya akan dinyatakan diterima untuk diterbitkan.

Untuk dapat melanjutkan proses penerbitan berikutnya, penulis diharuskan membayar biaya penerbitan artikel. Jika diperlukan oleh Penulis, Editor akan menerbitkan surat bukti penerimaan artikel (Letter of Acceptance) setelah pembayaran dilakukan dan bukti pembayaran diterima.

Naskah yang sudah dinyatakan diterima selanjutnya akan diteruskan kepada proses copyediting jika diperlukan. Naskah akan diteruskan kepada layout editor untuk proses layout awal sesuai dengan tata letak artikel JSTF.

Naskah dalam bentuk dokumen PDF yang sudah selesai di-layout awal (proofreading version) akan dikirimkan kepada penulis untuk proses proofreading. Penulis diharuskan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen proofreading version dan mengisi formulir Daftar Koreksi. Formulir ini harus dikirimkan kembali kepada Editor untuk proses perbaikan artikel versi final.

Naskah yang sudah selesai diperbaiki berdasarkan catatan pada Daftar Koreksi akan dimasukkan ke dalam daftar terbitan pada Volume dan Nomor yang sesuai. Artikel tersebut akan dapat diakses secara online jika jurnal dengan volume dan nomor tersebut sudah diterbitkan.

 

PEMBAYARAN

Setiap artikel yang dinyatakan diterima untuk diterbitkan dikenakan biaya penerbitan Rp -------,- yang dapat ditransfer ke rekening JStF dengan nomor ----------- (--------------------------------). Pembayaran dilakukan setelah artikel melalui proses editorial review dan dinyatakan diterima untuk diterbitkan.

Bukti pembayaran berupa hasil scan/foto dapat dikirimkan melalui email jsfkonline@gmail.com dengan ketentuan:

  • Judul email: [JSTF] Bukti Pembayaran - [Nama Penulis]
  • Isi pesan: memuat judul naskah yang akan diterbitkan
  • Lampiran: hasil scan/foto bukti transfer